Humility is The Key

by Rieska Astari

Kuncinya adalah kerendahan hati.

IMG_20140801_125639_1
Mikir masalah apa aja….Ujung-ujungnya ya soal rendah hati.
Hampir bisa dibilang kerendahan hati adalah kunci kesuksesan dalam kehidupan.

Berapa banyak ayat alkitab yang menjanjikan, mereka yang rendah hati akan ditinggikan, mereka yang rendah hati maka kesanalah berkat dicurahkan. Mazmur 22:27 Orang yang rendah hati akan makan dan kenyang,…

Mazmur 12:2 Tolonglah kiranya,Tuhan, sebab orang saleh telah habis, telah lenyap orang-orang yang setia dari antara anak-anak manusia.
Mazmur memang menyatakan bahwa yang dicari dan sudah punah dari anak-anak manusia adalah kesetiaan. Lagi kata Amsal 20:6 Banyak orang mengira diri baik hati, tetapi orang yang setia, siapakah menemukannya? Itulah yang dicari Tuhan maupun gereja dan sesama. Tetapi bagaimana orang dapat berlaku setia? Setia kepada pasangan, sampai titik darah penghabisan mengejar dan berjuang menyelamatkan pasangannya dari jalan yang salah, atau sebaliknya, bagaimana rela melepaskan kedagingan dan cobaan, menghalaukan pandangan dari wanita atau pria lain yang menyenangkan. Tanpa kerendahan hati di hadapan Tuhan, mustahil.

Saya kadang berpikir, bagaimana umat yang lebih tua dan lebih cakap, terampil dan cerdas dalam banyak hal dibandingkan gembalanya, namun rela tunduk dan taat otoritas serta bahagia menerima bimbingan dan pelajaran dari Gembalanya? Itulah yang dikerjakan oleh karakter Kristus yaitu kerendahan hati. Alasannya adalah rendah hati. Sikap hati yang tanpa butuh alasan yang rasional, rela berada di bawah sebuah kepemimpinan rohani.

Bicara soal kekudusan. Alkitab mengajarkan, tanpa kekudusan tak seorangpun dapat melihat Allah. Dan ayat yang lain berkata, yang menjadi pemisah antara engkau dan Allahmu (termasuk berkat dan jalan keluar persoalan) adalah dosamu. Yesaya 59:2 tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. Bagaimana hari-hari ini orang mau pilih hidup kudus dibanding hidup dalam kecemaran dan rupa-rupa hawa nafsu dan keinginannya? Tanpa kerendahan hati, mustahil. Kerendahan hati adalah kuncinya. Hanya orang yang tidak memiliki kerendahan hati yang merasa dirinya hanyalah korban dari perbuatan Allah. Contohnya, dia bisa berkata bahwa “kalau memang Tuhan mau saya bertobat, kalau Tuhan mau saya hidup kudus dan kembali ke jalan yang seharusnya, nanti biar Tuhan yang membuat saya menjadi demikian.” Seolah-olah saat ini dia dalam jalan yang salah juga atas kehendak Tuhan. Sesungguhnya Tuhan beri kehendak bebas dalam diri manusia untuk memilih, dan tidak semuanya adalah pilihan Allah yang sedang kita jalani. Kerendahan hati di hadapan Allah yang mengendalikan pilihan kita.

Tentang mengampuni, semua orang Kristen mengetahui, tanpa mengampuni, kita tidak diampuni oleh Bapa di surga. Namun mengapa masih sulit menghapus kesalahan orang lain dari dalam benak kita? Kita masih berada di atas dan belum turun ke bawah melalui peluncur kerendahan hati. Kerendahan hati yang dapat mengubah pola pikir kita bahwa kita pun melakukan kesalahan yang sama di mata Tuhan dan sesama orang berdosa dan terdakwa yang diampuni oleh kasih karunia saja.

Jadi, entah kemana pikiran kita tentang masalah-masalah kehidupan, kerendahan hati kuncinya. Apakah kerendahan hati kalau begitu? Itu adalah karakter surga yang bukan berasal dari dan milik dunia. Kerendahan hati melakukan banyak hal dan kadang membawa kita melakukan yang tidak rasional menurut dunia. Membuka hati untuk sebuah tuntunan dari Firman Allah melalui alkitab atau nasihat dari otoritas rohani, mengabdi untuk kesetiaan, berkorban untuk sesuatu yang tidak menjanjikan, mengampuni dan membasuh kaki orang yang menyakiti, rela tidak dipandang, semua hanya dapat dikerjakan oleh kerendahan hati.

Hukum yang berlaku atas kita adalah yang merendahkan dirinya akan ditinggikanNya.
Amsal 18:12 Tinggi hati mendahului kehancuran, tetapi kerendahan hati mendahului kehormatan.
Amsal 22:4 Ganjaran kerendahan hati dan takut akan Tuhan adalah kejayaan, kehormatan dan kehidupan.
Mazmur 37:11 Tetapi orang-orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah.

Teruslah berkibar dalam hikmat oleh karena kerendahan hati di hadapan Tuhan. Tuhan memberkati.

-Ries-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *