3 Kehendak Tuhan Bagi Orang Percaya

  1. Hidup dalam damai

(Efesus 4:31-32) KEHENDAK TUHAN BAGI ORANG PERCAYA ADALAH HIDUP DALAM DAMAI ;

Ukuran damai : pengampunan Kristus bagi kita. Kristus memberi contoh dan jalan bagaimana memperoleh hidup dalam damai.

(Yohanes 14:27) KEHENDAK TUHAN BAGI ORANG PERCAYA ADALAH HIDUP DALAM DAMAI ; DAMAI SEJAHTERA. Damai Sejahtera sudah diberikan Kristus; artinya; setiap orang percaya pasti dan harus bisa hidup dalam damai. Damai sejahtera perlu dipertahankan, dengan cara mawas diri.

(1 Petrus 3:10) Mencintai hidup dan ingin melihat hari-hari baik; mawas diri atas perkataan dan jauhkan diri dari dusta. Pendusta atau penipu, sepandai2nya, tidak akan melihat hari-hari baik. Yang mau melihat hari-hari baik..ia harus mencari & mengusahakan perdamaian 1 (Petrus 3:11) Selain kita mawas diri dengan perkataan, kita juga mawas diri dengan keinginan-keinginan kita.

(Yakobus 4:1-2) Jangan cepat-cepat menyalahkan roh jahat, jangan cepat-cepat menyalahkan iblis. Ternyata sengketa dan pertengkaran ada karena ada hawa nafsu Jangan cepat-cepat menyalahkan orang lain dalam sebuah konflik, tetapi konflik tidak akan ada bila hanya 1 pihak yang terlibat. Dalam sebuah konflik selalu ada minimal 2 pemain. Istilah pemain disini adalah pihak-pihak yang terlibat dalam sebuah pertandingan yang tidak sehat.

(Matius 5:9) Ini berarti dikenal sebagai orang yang mempunyai reputasi yang baik dalam bersahabat; Ini berarti termasuk di dalamnya menjadi penjaga sebuah hubungan dalam jangka panjang. Yang dekat tetap dekat. Banyak hubungan dekat yang kemudian berlalunya waktu menjadi hubungan yang saling membunuh. Banyak pelayanan dimulai dari kemurnian diakhiri dengan kedagingan. Sanggup berada dalam kepemimpinan yang sempurna dalam jangka panjang. Sanggup mengampuni tanpa syarat.

(Matius 5:23-24) Dalam Imamat 16; semua tindakan pendamaian memerlukan korban dan dilakukan oleh imam. Kadang-kadang memerlukan pengorbanan. Kadang-kadang harga diri, ego harus dimatikan. Kadang-kadang kita yang tdk bersalah yang harus meminta perdamaian.

(Matius 5:43-44) Kadang usaha perdamaian sudah dilakukan, tetapi tidak berhasil…  Tuhan memberikan caranya bagaimana mengusahakan kedamaian: Berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.Tetapi banyak orang Kristen..maunya hanya menempuh jalan mendoakan  saja. (PADAHAL 100% DAPAT DIPASTIKAN ENGGAK MENDOAKAN!!)

  1. Hidup merdeka

YOHANES 8:31-37  PENGHALANG: FIRMAN TUHAN TIDAK MENDAPAT TEMPAT

(2 Korintus 3:15-17) HATI YANG BERBALIK KEPADA TUHAN

Selubung itu diangkat, kuncinya: Hati yang berbalik kepada Tuhan.

Dimana ada ROH ALLAH, ada kemerdekaan. Ayat selanjutnya…

(Galatia 5:1 Kabar baik: Kristus telah memerdekakan kita.

(Galatia 5:13) Rupanya Banyak terjadi KEMERDEKAAN yang semu. JANGAN MAU LAGI (artinya, bukan Ibis yang mau, tetapi kita yang mau). Karena rupanya masih banyak orang percaya Yesus sebagai Tuhan tetapi sebenarnya kemerdekaannya semu. Belum merdeka, masih diperbudak dan sulit lepas, alias kecanduan akan perbuatan dosa. Dan lebih celakanya lagi..sudah tidak ada perasaan tertuduh.

APA MAKSUDNYA ? …Galatia 5:16-21

(Roma 6:18;22) Ciri orang yang dimerdekakan : beroleh buah yang membawa kepada pengudusan; kesudahannya ialah hidup kekal.

Merdeka = Bebas.

Bebas dari perbudakan (hamba dosa) Merdeka dari keterikatan; kecanduan. Terikat akan pujian, akan kedudukan, akan harta

Bebas dari perasaan tertuduh

Dapat hidup dalam segala keadaan

Merdeka dari gaya hidup yang menjerat ke dalam hutang2 kartu kredit… (Reliyus saya larang untuk menggunakan kartu kredit tawaran dari dunia)

Aku tahu apa itu susah, aku tahu apa itu kelimpahan …

(Yohanes 10:9-10) KEHENDAK TUHAN ADALAH HIDUP DIBERKATI. Ketika kita mengingat nama Abraham (juga Ishak , juga Yakub) kita ingat kehendak dan janji Tuhan adalah orang percaya hidup diberkati. Yang tidak senang kalau kita diberkati, itu adalah pengikut iblis. Iblis pakai banyak cara untuk menjauhkan kita dari berkat Tuhan. Lebih celakanya lagi, bila kita berada di sekeliling orang yang tidak perduli kita sedang menuju kebinasaan. Itu orang jahat di dunia.

  1. HIDUP DIBERKATI

(Galatia 3:6-7;14)

SANGAT JELAS BAHWA KEHENDAK TUHAN ADALAH HIDUP YANG DIBERKATI

Pengertian diberkati yang semu:

  • Berkat hanya diukur dari uang atau harta
  • Setiap membutuhkan, selalu disediakan (ngga tahunya hutang)
  • Saya dberkati walau berbuat jahat, saya diberkati walau hidup dalam dosa (ada 3 hukum tabur tuai, menuai selalu jauh lebih lambat atau belakangan dr menabur tetapi pasti menuai)

Tetapi Hidup yang diberkati cirinya adalah BERBUAH BAIK..Lukas 3:8

(Lukas 3:8-9) perkataan Yohanes

HIDUP DIBERKATI PASTI MENGHASILKAN BUAH YANG BAIK.

Penghalang berkat: kita tidak hidup seperti Abraham Jangan cepat-cepat menyalahkan iblis mengambil berkat. Penghalang berkat : kita tidak menghasilkan buah sesuai pertobatan.  Saya begitu yakin bahwa hidup saya diberkati. Tidak diukur oleh jumlah materi. Dulu tinggal di rumah kontrakan, naik sepeda motor, sukacita dan perasaan diberkatinya tidak lebih sedikit atau lebih kecil dari keadaan ketika gaji mulai mapan, mulai punya rumah, mulai punya mobil.

(Ulangan 11:26-28) Banyak kejadian..sakit penyakit atau kemalangan lainnya ..yang merupakan teguran Tuhan.

  • Jangan cepat2 salahkan iblis ketika berkat diambil dari kita
  • Jangan cepat-cepat salahkan Tuhan ketika sakit penyakit dating
  • Bahkan ada yang menyalahkan Tuhan ketika malapetaka menimpa
  • Padahal karena kita malas – menjadi miskin , padahal karena kita malas olah raga
  • KUTUK BISA BERUPA: KAYA TETAPI TIDAK BISA MENIKMATI

 

3 KEHENDAK TUHAN BAGI SAYA

HIDUP DALAM DAMAI adalah KEHENDAK TUHAN tetapi juga pilihan kita

HIDUP MERDEKA adalah KEHENDAK TUHAN tetapi juga pilihan kita

HIDUP DIBERKATI adalah KEHENDAK TUHAN tetapi juga pilihan kita

Artinya ada peran kita

Artinya ada pilihan lain yang bisa kita pilih yang bertentangan dengan kehendak Tuhan.

SAYA BERANI SAMPAIKAN 3 HAL INI KARENA SEMUANYA ADA DALAM FIRMAN TUHAN DAN TIDAK PERLU DIPERTANYAKAN LAGI.

Kehendak Tuhan seperti panggilan utk sepenuh waktu, pekerjaan, pelayanan, itu perlu didoakan ditambah pandangan2 penasehat.

Bila jemaat ada kesulitan ..temuilah gembala atau orang yang saudara yakin mempunyai kematangan rohani (bukan orang sempurna) yang saudara yakin akan bisa menolong.

Kesaksian Penutup : KEHILANGAN itu bisa 2 cara: Diserahkan dengan rela, Diambil Tuhan secara paksa untuk maksud yang baik. Ruko diserahkan secara sukarela. Sampai saat ini tidak pernah kembali. Pekerjaan diserahkan dengan sukarela thn 2012. thn 2014 kembali. Gereja ini minus sejak awal Februari 2016. tetapi saya tetap dapat mengatakan Gereja ini gereja yang diberkati Tuhan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *